Widget HTML Atas

Cara Terlengkap Masuk Safe Mode Windows 10 Terbaru

Pejuangtoga.id - Cara Terlengkap Masuk Safe Mode Windows 10 Terbaru. Pada kesempatan kali ini erapemuda akan memberikan informasi mengenai safe mode windows 10.  Ketika terjadi kerusakan pada sistem operasi baik di komputer atau laptop akan lebih mudah diperbaiki lewat safe mode.Terdapat beberapa cara masuk safe mode Windows 10 yang bisa kamu lakukan di berbagai merk laptop seperti Asus, Lenovo, Toshiba, Hp, dan lain sebagainya.



Hal yang harus diperhatikan adalah sistem operasi yang digumakan harus Windows 10, karena setiap versi hampir memiliki perbedaan untuk masuk ke safe mode.

Safe Mode berguna untuk memperbaiki berbagai troubleshooting. Ketika masuk ke safe mode, driver dan program penting saja yang akan berjalan. Sedangkan untuk aplikasi yang bermasalah, misalnya terinfeksi virus tidak akan bisa dibuka.

Dengan begitu menjalankan safe mode juga mempermudah pengguna untuk mengidentifikasi di bagian mana troubleshooting terjadi. Bahkan untuk memastikan bahwa adanya kerusakan pada hard disk atau RAM juga bisa di cek melalui safe mode ini.

Cara Terlengkap Masuk Safe Mode Windows 10 Terbaru

1. Advanced Startup


Ada banyak jalan masuk ke safe mode di Windows 10  dan yang pertama akan saya berikan yaitu melalui booting di Advanced Startup, yaitu sebagai berikut :
  1. Masuk ke Start dan pilih Settings yang di tandai dengan icon gerigi
  2. Kemudian pilih Udpate & Security
  3. Pilih Recovery, yang terletak di bagian kiri
  4. Klik Restart Now
  5. Setelah itu kamu akan masuk ke Recovery Mode dan ada tiga pilihan yaitu Continue, Troubleshoot, dan Turn Off Your PC
  6. Pilih menu Troubleshoot
  7. Pilih Advanced Option
  8. Pilih Startup Settings di menu advanced tersebut
  9. Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa komputer akan di restart juga bisa membuka safe mode, selanjutnya klik Restart
  10. Pilih Startup Settings dan klik Safe Mode untuk menjalankannya

2. Sistem Konfigurasi


Menjalankan safe mode melalui sistem konfigurasi saya rasa akan lebih mudah dibanding metode diatas, berikut tahapannya :

  1. Ketik "msconfig" pada Windows Search yang ada di bagian taksbar
  2. Buka System Configuration dengan menekan enter atau mengkliknya
  3. Masuk ke Tab Boot
  4. Pilih Safe Boot pada menu boot options. Di bagian ini ada beberapa jenis safe mode yang bisa kamu pilih, diantaranya :
  • Minimal : Membuka safe mode dengan menjalankan beberapa driver dan program penting saja dengan tampilan sangat minimal tapi mudah digunakan, yaitu Windows GUI.
  • Alternate shell : Masuk safe mode dengan menjalankan sistem Command Prompt dan tentu membutuhkan pengetahuan cooding untuk memberikan perintah.
  • Active Directory repair : Membuka safe mode dengan memberikan informasi secara lengkap dan biasanya opsi ini digunakan untuk mengetahui dan mengatasi masalah pada kerusakan hardware.
  • Network : Menjalankan safe mode hanya dengan service dan driver yang diperlukan untuk mengakses internet saja dan dengan tampilan Windows GUI yang mudah digunakan.

Silahkan pilih menu yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu di safe mode. Tapi untuk sekedar memperbaiki masalah pada program saya lebih menyarankan untuk menggunakan menu Minimal karena mudah digunakan. Klik OK untuk mulai menjalankan safe mode.

3. Menekan Shift + Restart


Metode ini ada kaitannya dengan metode Advanced Startur tapi lebih simple. Berikut cara masuk safe mode Windows 10 lewat bios :

  1. Masuk ke Start Menu dengan mengklik logo Windows di taksbar
  2. Pilih opsi Power
  3. Tekan tombol Shift sambil klik Restart
  4. Setelah itu kamu akan masuk ke Recovery Mode seperti sebelumnya
  5. Klik Troubleshooting > Advanced Option > Startup Settings > Restart
  6. Pilih tipe safe mode yang ingin kamu jalankan seperti apa yang sudah saya jelaskan diatas. Namun untuk mempermudah dalam menggunakan safe mode, silahkan tekan tombol F4 

4. Menekan F1 - F12 Saat Booting

Cara yang terakhir ini adalah cara yang sangat familiar digunakan orang untuk masuk safe mode yaitu dengan menekan antara tombol F1 - F12 pada saat proses booting terjadi, sama halnya dengan masuk ke recovery mode di android.

Adapun untuk tombol safe mode nya itu memiliki perbedaan pada setiap merk laptop. Seperti halnya laptop Asus dengan menekan tombol F2. Namun kebanyakan merk biasanya menggunakan tombol F8 untuk masuk ke safe mode.

Cara Keluar dari Safe Mode

Apa iya kamu akan terus berada di safe mode dengan keterbatasan aplikasi. Apabila semua masalah dan kebutuhan di safe mode sudah terlaksana, kamu bisa keluar dari sana dengan cara :

  1. Ketik "msconfig" di Windows Search
  2. Buka System Configuration
  3. Hilangkan centang pada Safe Boot di menu Boot options
  4. Klik OK dan tunggu sampai proses restart selesai

Jadi itulah beberapa Cara Terlengkap Masuk Safe Mode Windows 10 Terbaru yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ii bermanfaat, Apabila ada yang kurang jelas silahkan baca d kolom komentar.
Terima Kasih

No comments for "Cara Terlengkap Masuk Safe Mode Windows 10 Terbaru"