Widget HTML Atas

Cara Cek IMEI Handphone terdaftar atau tidak

Pejuangtoga.id -  Cara Cek IMEI Handphone terdaftar atau tidak. Beberapa waktu lalu Pemerintah sedang menyiapkan sebuah aturan mengenai validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI). Dalam hal tersebut pemerintah akan melakuan peemblokiran terhadap ponsel ilegal. Regulasi atau aturan ini rencananya akan diterbitkan pada 19 Agustus 2019.



Bagi yang masih belum mengerti apa itu IMEI. Secara sederhana IMEI merupakan identitas ponsel yang terdiri dari 14 digit hingga 16 digital. Nomor identitas ini dikeluarkan GSM Association untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel.



IMEI ini akan didaftarkan ke Kementerian Perindustrian ketika sebuah ponsel hendak dijual di Indonesia. Dalam hal ini Kemenperin akan  mengumpulkan IMEI yang ada dan akan disimpan dalam sebuah database. Nomor IMEI ini akan di pasangkan dengan MSISDN atau nomor identitas SIM Card. MSISDN berasal dari operator seluler.

Jadi ketika sebuah ponsel terhubung ke jaringan, sebuah aplikasi khusus akan memindai nomor IMEI perangkat dan mengecek keasliannya ke sistem DIRBS Kemeperin. Jika koneksi jaringan akan diputus.

Sebelum aturan ini berlaku, Erapemuda menyarankan alangkah baiknya mengecek apakah IMEI ponsel kamu sudah terdaftar di kemenperin atau belum. Jika belum ada dua kemungkinannya. Ponsel yang kamu gunakan ilegal atau belum didaftarkan oleh produsen ponsel.

Cara mengecek IMEI apakah sudah terdaftar di Kemenperin:


  1. Persiapkan IMEI. Caranya dengan mengetik keypad *#06# di ponsel. Atau bisa melakukan pengecekan di bagian setting (pengaturan) dan biasanya tertera di bagian About Phone.
  2. Akses situs https://www.kemenperin.go.id/imei
  3. Masukkan kode IMEI ke kolom khusus
  4. Klik tombol simpan di bagian bawah kata IMEI
  5. Jika IMEI ponsel kamu terdaftar maka akan muncul informasi tentang merek, tipe ponsel dan perusahaan distributor.

Sangat mudah bukan cara mengecek apakah IMEI terdaftar atau tidak. Hal ini merupakan sesuatu yang pentig agar setelah regulasi menegenai IMEI ini diterapkan kita tidak merasakan kerugian karena kita sudah mempersiapkanya.
Semoga artikel ini bermanfaat, dan apabila masih kurang jelas dapat kalian tanyakan pada kolom komentar.
Selamat Mencoba

No comments for "Cara Cek IMEI Handphone terdaftar atau tidak"