Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Slot RAM yang Rusak pada Motherboard Laptop

Erapemuda.Com - Cara Memperbaiki Slot RAM yang Rusak pada Motherboard Laptop. RAM adalah salah satu komponen komputer yang memiliki fungsi  sebagai penyimpanan memori sementara di dalam komputer pada saat aplikasi maupun software dijalankan. Masalah yang  biasa menimpa pada RAM adalah jumlah memorinya berkurang dari biasanya atau saat dijalankan tidak sesuai dengan kapasitas RAM yang sesungguhnya. Baca Juga: Tips Membeli Laptop Second yang wajib kalian ketahui



Contoh sederhananya adalah jika laptop memiliki dua slot RAM yang diisi masing-masing 2GB, maka total memori yang digunakan adalah 4GB. Namun ketika dijalankan RAM yang digunakan malah berkurang menjadi 2GB. Pada masalah ini kita bisa mengetahui bahwa ada masalah yang terjadi pada bagian RAM. Dalam hal ini bisa terjadi 2 kemungkinan yaitu RAM yang rusak atau Slot RAM yang mengalami kerusakan. Jika kerusakan yang terjadi ada pada bagian Slot RAM motherboard, maka  berikut adalah cara memperbaiki slot RAM. Baca Juga: 5 Toko Komputer Terlengkap di Lampung

Cara Memperbaiki Slot RAM yang Rusak pada Motherboard Laptop


  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah buka tempat penyimpanan memori RAM pada laptop, biasanya penyimpanannya ada dibagian belakang. 
  2. Untuk mengetahui slot mana yang mengalami kerusakan, maka kita harus melepas salah satu memori kemudian nyalakan laptop.
  3. Setelah laptop dinyalakan, langsung masuk pada bagian BIOS.
  4. Lihatlah pada bagian memori yang digunakan. Jika memori muncul angka-angkanya maka slot pada memori tersebut masih berfungsi dengan baik,
  5. Pada bagian awal ini kita fokus untuk mencari bagian mana yang mengalami kerusakan dengan cara mengeceknya melalui BIOS. Ketika dicek dan tidak ada jumlah memori pada saat penegecekan di BIOS, maka bisa dipastikan slot tersebut mengalami kerusakan.
  6. Jika sudah ditemukan slot mana yang mengalami kerusakan, langkah selanjutnya adalah bersihkan pin RAM terlebih dahulu, kerusakan yang terjadi pada bagian slot disebabkan RAM laptop yang berbeda sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya kerusakan. Perlu diketahui bahwa RAM komputer maupun laptop memiliki perbedaan.
  7. Langkah selanjutnya yaitu bersihkan juga bagian Slot RAMnya. Perlu diketahui bahwa slot memori yang rusak bisa jadi karena beberapa faktor seperti adaya kotoran pada bagian slot, lecet karena paksa memori RAM pada bagian slot memori RAM. Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkannya dengan menggunakan kain yang lembut dan kering.
  8. Jika sudah pasang kembali RAM pada bagian slot memori yang sudah dibersihkan tadi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa gunakan memori RAM yang sesuai dengan bagian slotnya.
  9. Masukan secara perlahan-lahan dan sedikit ditekan agar bagian pin RAM dapat tersambung secara sempurna pada bagian slot memorinya.
  10. Jika sudah, tutup kembali pelindung mmemori RAM dan jalankan komputer dan Selesai.


Cara-cara diatas hanyalah cara sederhana untuk memperbaiki slot RAM yang rusak namun jika masih belum bisa, maka kamu harus mengganti slot RAM. Oleh sebab itu, ketika ada bagian komponen motherboard yang mengalami kerusakan, maka komponen motherboardnya harus ada yang diganti.jika kalian belum ahli dalam memperbaiki motherboard, disarankan untuk membawa laptop tersebut ke tempat servis komputer dan laptop. Apabila ada yang belum jelas bisa kalian tanyakan pada kolom komentar. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.
Terima Kasih

No comments for " Cara Memperbaiki Slot RAM yang Rusak pada Motherboard Laptop"